Dalam hitungan menit BTC turun sekitar 20% $5700 ke $4200, manipulasi pasar? 4-des-2021


 

Analis mengatakan bahwa posisi derivatif BTC dilikuidasi sebagian karena menghentikan hunting manipulation.

Beberapa analis telah mengindikasikan bahwa penurunan harga BTC pada Sabtu 4 Desember 2021, sebagian disumbangkan oleh stop-loss yang dipicu dari posisi leverage, yang mengakibatkan likuidasi besar-besaran. Stop loss mungkin merupakan hasil dari manipulasi pasar bandar (whale), termasuk manipulasi stop hunting, yang dapat diamati dengan melihat buku pesanan dari bursa yang berbeda untuk memastikan dinding jual yang tinggi, dan juga sumber seperti Coingecko. bandar (whale) terkadang terlibat dalam manipulasi pasar untuk mengusir pedagang kecil keluar dari pasar.

Perdagangan dengan leverage adalah ketika cryptocurrency menukarkan dana pinjaman kepada pedagang untuk menciptakan posisi jangka panjang, atau jangka pendek. Seorang pedagang dapat menginvestasikan $50 di BTC, meminjam $450 dari pertukaran untuk perdagangan. Pedagang kemudian dikatakan telah mengadopsi posisi leverage. Jika harga bitcoin turun sehingga pedagang kehilangan setoran awalnya, bursa akan melikuidasi $450 untuk mempertahankan modal mereka, dan posisi pedagang hilang.

Apa Itu Stop Hunting?

Menurut Binance, manipulasi pasar melibatkan aktivitas yang membuat harga aset dan memberikan gambaran yang salah tentang perilaku pasar. Manipulasi pasar dapat mengambil banyak bentuk, mulai dari perdagangan cucian hingga Stop Hunting, spoofing dinding bandar, dan skema pump dan dump. Fakta bahwa pasar cryptocurrency sebagian besar tidak diatur membuat mereka rentan terhadap manipulasi oleh beberapa aktor jahat.

Wash trading adalah ketika seseorang atau bursa membeli dan menjual cryptocurrency secara berurutan untuk meningkatkan total volume yang diperdagangkan, yang menarik perhatian investor, yang aktivitas selanjutnya menciptakan perilaku harga yang lebih menyesatkan.

Bandar terkadang menetapkan pesanan jual yang signifikan untuk memengaruhi investor lain agar menjual. Kemudian ketika harga mata uang kripto turun karena aksi jual besar-besaran, bandar menghapus pesanan jual mereka dari buku pesanan dan membeli lebih banyak kripto dengan harga lebih rendah. Ini disebut spoofing dinding bandar.

Skema pump and dump melibatkan individu yang berkolusi untuk membeli altcoin kapitalisasi pasar kecil dan menjualnya begitu mereka mendapatkan daya tarik dari investor.

Bandar dapat membuat serangkaian perintah jual untuk mengurangi harga koin, untuk memicu stop-loss (perintah untuk membeli atau menjual saham ketika mencapai harga tertentu, ditempatkan pada broker) posisi yang telah ditetapkan investor, menyebabkan otomatisasi sell-off, yang memungkinkan bandar untuk membeli aset lagi, kali ini lebih murah, menyebabkan pasar pulih. Fenomena ini disebut stop-hunting, dan dapat dikaitkan dengan semua jenis manipulasi bandar. Para investor biasanya menggunakan analisis teknikal untuk menentukan posisi stop-loss mereka.
 

Cara Menghindari Stop Hunting

Bukti manipulasi Stop Hunting dapat diperoleh dengan memeriksa buku pesanan. Tetapi karena buku pesanan berisi informasi sementara, adalah bijaksana untuk melihat data lain. Verifikasi data aset buku pesanan dari lebih dari satu sumber, seperti Coinecko atau Coinmarketcap. Hanya mendasarkan keputusan pada tren historis, bukan pergerakan jangka pendek. Pertukaran terdesentralisasi melewati sistem buku pesanan, tetapi menghadirkan risiko lain bagi pedagang. 

Turunnya harga bitcoin secara tajam, telah beberapa kali terjadi dalam sejarah. seperti dalam gambar




0/Post a Comment/Comments